Pages

Saturday 8 November 2014

AJARAN NABI (Penutup)

Waktu menunjukan pukul 08.00 pagi, senam yang dijadwalkan sebelumnya tidak dapat dilaksanakan mengingat beberapa faktor.  Akhirnya semua panita kembali dikerahkan untuk menyiapkan sarapan pagi ditambah lagi dengan persiapan penutupan. Beberapa alumni yang terisisa di pondok langsung menyantap makanan meski diantara mereka lam yastahim.  Obrolan-obrolan santai menghiasi sarapan pagi tersebut, seorang senior (Roinul Pasaribu) menjadi rebutan sebab ia baru saja datang dari kampung halamannya (Aek buru), beberapa orang berakting membantunya untuk mengambilkan piring, nasi dsb layaknya seorang raja, pastinya semua dilakukan atas nama canda tawa. satu jam berlalu tak terasa, acara penutupan reuni akbar segera dimulai.

minggu yg tenang dan cerah setia menemani para hadirin sekalian. acara penutupan pun dimulai dengan pembacaan ayat suci alquran yg dibacakan oleh saudari elvi suaidah (lulusan tahn 2011 dengan no. Hp 0823xxxx), seketika semua tenggelam dalam suasana yang damai dan tunduk patuh pada ayat-ayat yang dibacakan. seperti biasanya acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dari mudir, alumni dan ketua Oppaj putra. pastinya objek pembicaraan berfokus pada alumni, nasehat demi nasehat serta harapan untuk kemajuan ahmadul jariyah disampaikan dengan tegas dan jelas agar menjadi renungan bagi setiap alumnus. acara penutupan kemudian ditutup dengan berfoto bersama ummi, mudir, dan ustad.

sebelum para alumni meninggalkan ahmadul jariyah, panitia sejak dari awal sudah mempersiapkan berbagai macam hadiah bagi alumni yang mendapatkan keberuntungan. acara undi mengundi dipandu oleh ka nanang, kemudian mempersilakan ustad untuk membuka nomor undian yg pertama. ternyata irpan mendapatkan keberuntungan itu, seketika beberapa orang yang mengenalnya tertawa-tawa sebab ia mendapatkan sebuah sajadah, kemudian disusul 13 orang dengan hadiah yang berbeda-beda, spt. 1 bgkus mie, sarung sampai sabun cuci serbuk. tentunya bagi alumni yg tidak beruntung menjadi penonton budiman atas kebahagiaan mereka.

Para alumni belum diperbolehkan untuk meninggalkan pondok secepatnya, sebab ada satu acara puncak yg harus dibicarakan dengan serius, mengingat acara reuni akbar di ahmadul baru pertama kali diadakan, forum khusus alumni itupun aku buka dengan narasumber siapa saja boleh memberikan masukan dan kritikan untuk perbaikan acara reuni akbar selanjutnya. Setelah membuka forum, beberapa alumni memberikan masukannya dimulai dari pengurus IKAMAH (ketua: Abdul gani) saat ini. Aku pun menyempatkan waktu untuk mengenali beberapa alumni yang masih setia mengikuti acara reuni sampai bab akhir.  

Tiba-tiba mataku terhenti pada seorang wanita yang sedang asyik mendengarkan diskusi, kuperhatikan sejenak, semakin penasaran aku langsung mencari tau namanya, ternyata benar wanita itu adalah si DIA, ingin rasanya aku berlari ke kamar mandi minimal membasuh muka untuk menyambut kedatangannya. Pastinya kehadirannya dapat mengobati urat saraf yg mulai melemah. tapi sayang, keliatannya ia tak merasa ditunggu. di sela-sela diskusi aku mencuri waktu untuk memotret-motret wajahnya yg super natural.

hasil diskusi dirangkum dalam catatan kecil notulen, dari sekian banyak masukan sepertinya sudah cukup untuk menutupi kekurangan acara reuni akan datang. diantaranya adalah saling menjaga kontak (no. HP) dan alamat yang sudah didaftarkan sebelumnya, selanjutnya PR besar ini diserahkan kepada semua alumni dan pengurus IKAMAH baik sekarang maupun akan datang. akhirnya, kekuatan serta kesatuan alumnus ahmadul menjadi harapan besar sebagai penggerak kemajuan ponpes ahmadul jariyah. 

acara diskusi pun berahir dengan sorakan serentak IKAMAH JAYA. semua alumni membuat kegiatan masing-masing di berbagai tempat mengingat waktu menunjukkan untk makan siang. Khusus alumni lulusan thun 2006 mengambil tempat di labuhan. meski tidak hadir semua, tpi suasana obrolan kami melebihi dari 50 orang. sebelum berangkat kesana aku menyempatkan diri untuk bertemu dengan si dia di bawah tenda, ternyata ia ramah. obrolan kami tidak sebanyak yg diharapkan sebab dia jga harus menjawab beberapa pertanyaan dari alumnus berjenis laki-laki yg mengelilinginya. aku terus memandanginya sebab jarak diantara kami ckup jauh mngkin sampai 5 tahun, banyak sekali perubahan darinya terutama tai lalat mungil yg menempel di bawah idungnya. tak sempat meminta no HP nya, aku harus menyelesaikan pekerjaan yg tersisa. dan berharp nnti bisa ngbrol lagi.

makan bersama teman-teman seangkatan sangat jarang didapatkan, kesempatan ini pun dipergunakan untuk saling bertukar pikiran, informasi dan tawa. setelah makan, sakti nasution menyodorkan undangan pesta pernikahannya. tentunya ini menyindir orang-orang sekitarnya terutama linda, rosliani dan ahmad rivai naibaho. pertemuan kami berhenti pada pukul 02.00 wib. jefri dan sakti lagsung pulang mengarah ke pekan baru, sedangkan sisanya kembali ke ponpes. aku langsung kekantor dan melihat si dia sedang asik berfoto-foto dgn teman-temanya, ia menatapku kemudian tersenyum dan itu adalah senyuman terhangat.

lambat laun, satu persatu alumni meninggalkan ponpes. semoga kita (antar alumnus) terus menjaga silaturrahim seperti yang diajarkan nabi Muhammad SAW. Aaminn

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About